Loading...

Tuesday, February 12, 2013

HORIZONTAL PLATE FILTER Disusun Oleh: Zahra Nur Afifah



HORIZONTAL PLATE FILTER
Disusun Oleh: Zahra Nur Afifah


Jenis horizontal plate filter digunakan pada operasi pemisahan skala kecil. Filtrasi terjadi hanya pada bagian atas setiap pelat yaitu di bagian bawah cake, walaupun diterapkan operasi yang terputus-putus, cake yang terbentuk akan terus terakumulasi pada filter. Struktur badan filter dapat dibongkar pasang untuk dibersihkan. Filter medium pun ditambahkan di luar perangkat alat filtrasi yang terlah terinstalasi sempurna. Variasi lain jenis ini adalah menerapkan pengambilan cake dengan lubang kecil seperti valve yang difungsikan sebagai pengendali ketebalan cake pada medium filter; atau variasi lain berupa cake yang dapat diambil dengan memutar-mutar bagian samping badan alat filtrasi.

PENYARING SABUK HORIZONTAL. Ketika umpan mengandung partikel padatan yang terendapkan secara cepat, penyaring drum berputar bekerja buruk atau malah tidak dapat bekerja. Partikel tak sempurna tidak dapat tersuspensi secara baik di lumpur, dan kue yang terbentuk seringkali tidak mau menempel pada permukaan penyaring. Pada keadaan ini diperlukan suatu penyaring horizontal dengan umpan atas. Sabuk yang bergerak adalah satu dari beberapa jenis penyaring horizontal; hal tersebut mengingatkan pada sabuk konveyor (conveyor belt), dengan dukungan bubungan yang melintang atau sabuk drainase yang membawa kain penyaring. Pada permulaan sabuk drainase akan melewati suatu kotak vakum longitudinal, yang di dalamnya filtrat ditampung. Umpan lumpur mengalir ke dalam sabuk melalui distributor pada suatu sisi; kue yang tersaring dan tercuci dibuang pada sisi lainnya.

Penyaring sabuk secara khusus berguna dalam pengolahan limbah cair, sejak limbah seringkali berisi partikel dengan ukuran yang bervariasi. Penyaring ini tersedia pada ukuran lebar 0.6 s.d. 5.5 m (2 s.d. 18 ft) dan panjang 4.9 s.d. 33.5 m (16 s.d. 110 ft), dengan luas filtrasi s.d. 110 m2 (1200 ft2). Beberapa model mempunyai cirri penyaring sabuk, mirip dengan penyaring bertekanan Larox yang dikemukakan sebelum ini; vakum di dalamnya dilakukan secara terputus-putus. Ketika sabuk bergerak ke depan sepanjang setengah meter vakum akan dimatikan, sebaliknya bila sabuk dalam keadaan diam vakum akan menyala. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesulitan menjaga suatu segel vakum yang terdapat diantara kotak vakum dan sabuk tetap baik.

Filter pelat horisontal Tekanan yang biasa diterapkan pada industri proses kimia baik seperti antibiotik, pestisida atau pigmen ketika beban insolubles murni rendah dan polishing diperlukan untuk memperoleh kejelasan produk yang tinggi. Namun, dalam beberapa tahun terakhir mereka dapat dilihat lebih dan lebih dalam industri berat seperti pupuk atau logam mulia bila produk adalah kue dan mencuci efisien dan kelembapan rendah diperlukan.

Filter pelat horizontal sangat cocok untuk penanganan mudah terbakar, bahan beracun dan korosif karena mereka diautoklaf dan dirancang untuk lingkungan berbahaya ketika tekanan tinggi dan operasi yang aman yang diperlukan. Demikian juga, mereka mungkin mudah berjaket untuk aplikasi setiap kali suhu panas atau dingin harus dipertahankan. Fitur tersebut tidak mungkin pada Filterpresses yang memerlukan pembukaan piring ke atmosfer dan pergeseran mereka satu per satu untuk memungkinkan debit kue pada akhir setiap siklus.

Struktur Filter terdiri dari tumpukan piring melekat pada poros berongga yang dipasang di dalam sebuah bejana tekanan dengan setiap piring ditutupi dengan media filter yang cocok. Bubur dimasukkan di bawah tekanan ke dalam kapal dan kue, yang dipertahankan oleh media filter, membentuk di bagian atas setiap lempeng sementara filtrat melewati poros berongga lebih lanjut untuk proses. Silakan merujuk pada urutan Operasional bawah yang menggambarkan siklus filtrasi secara rinci. Filter ukuran dapat bervariasi tetapi umumnya maksimum adalah 60 m2 dan dirancang untuk tekanan operasi 6 bar.

1.      Para Pelat
Setiap lempeng melingkar di tumpukan dibangun dengan tulang rusuk radial yang dilas ke bawah dan mendukung layar mesh horisontal kasar yang ditutupi dengan layar halus anyaman logam atau kain saring untuk mempertahankan kue. Bagian bawah lereng pelat terhadap poros tengah berongga yang memungkinkan aliran filtrat bebas melalui lubang melingkar dan lebih bawah poros ke stopkontak filtrat.

Clearance antara pelat dipertahankan oleh spacer khusus dengan cincin "o" untuk secara positif segel antara bubur yang mengelilingi piring dan poros yang mengumpulkan filtrat. Ketinggian spacer menentukan izin untuk kue build-up dan dapat diganti untuk memenuhi kondisi berbagai proses.

Salah satu perbedaan yang jelas antara polishing dan filtrasi kue adalah ruang antara pelat. Untuk aplikasi polishing jarak bebas sekitar 20 mm dibandingkan dengan aplikasi filtrasi kue di mana, tergantung pada persentase padatan dan kue build-up sifat, kelonggaran dapat mencapai 100 mm. Oleh karena itu, filter polishing mengakomodasi piring lebih dari filter kue sehingga untuk ukuran kapal yang sama daerah lebih efektif tersedia dengan Pemoles. Ada beberapa aplikasi, terutama dalam industri farmasi dan cat, di mana kertas filter khusus sekali pakai digunakan untuk menutupi piring di kedua sisi sehingga daerah filtrasi dua kali lipat.

2.      Kapal
Kapal Filter pelat horisontal, sebagai lawan Filter Leaf Vertikal, selalu dibangun secara vertikal untuk mengakomodasi tumpukan piring. Semua memiliki removable dished kepala tetapi ada dua pilihan untuk desain bottom:
a.       Sebuah bawah kerucut.
b.      Sebuah dished bawah.
Pemilihan tergantung pada pengaturan debit kue sebagai dibahas kemudian.

Kepala pembuluh vertikal yang lebih besar sering berputar sehingga mengayunkan pergi untuk memungkinkan penghapusan atas tumpukan piring. Tata letak harus menyediakan ruang kepala yang cukup untuk meningkatkan stack di atas kapal dan ruang lantai tambahan di samping filter untuk pemeliharaan dan penggantian tumpukan piring rusak. Ini adalah praktik yang baik untuk merancang sebuah rig khusus yang akan mendukung tumpukan dihapus. Kapal di pantat mereka dilengkapi dengan bukaan kue yang sangat aman debit untuk memastikan penyegelan aman tangki di bawah tekanan.

3.      Kue Discharge
Konsep filtrasi cake, sebagai lawan polishing, telah diaktifkan oleh perbaikan substansial dalam mekanisme kue debit karena filter tersebut beroperasi pada waktu siklus pendek. Ada dua jenis mekanisme debit kue dan kedua gaya sentrifugal digunakan untuk melemparkan kue dinding silinder yang kemudian jatuh ke bagian bawah tangki:
a.      Tumpukan berputar disk.
b.      Tumpukan bergetar disc.

Jenis berputar dapat didorong baik dari atas atau bawah sementara tipe bergetar selalu didorong dari atas. Penghapusan penutup kepala tangki dari filter didorong atas umumnya lebih kompleks daripada yang didorong dari bawah. Di sisi lain filter didorong bawah lebih rentan terhadap kebocoran lumpur.

Filter pelat horisontal Tekanan yang biasa diterapkan pada industri proses kimia baik seperti antibiotik, pestisida atau pigmen ketika beban insolubles murni rendah dan polishing diperlukan untuk memperoleh kejelasan produk yang tinggi. Namun, dalam beberapa tahun terakhir mereka dapat dilihat lebih dan lebih dalam industri berat seperti pupuk atau logam mulia bila produk adalah kue dan mencuci efisien dan kelembapan rendah diperlukan.

Filter pelat horizontal sangat cocok untuk penanganan mudah terbakar, bahan beracun dan korosif karena mereka diautoklaf dan dirancang untuk lingkungan berbahaya ketika tekanan tinggi dan operasi yang aman yang diperlukan. Demikian juga, mereka mungkin mudah berjaket untuk aplikasi setiap kali suhu panas atau dingin harus dipertahankan. Fitur tersebut tidak mungkin pada Filterpresses yang memerlukan pembukaan piring ke atmosfer dan pergeseran mereka satu per satu untuk memungkinkan debit kue pada akhir setiap siklus.

Untuk memfasilitasi debit kue yang lebih baik ada desain dengan piring miring. Dengan konsep ini kue, karena gaya sentrifugal, terbang piring di lintasan horisontal tanpa diseret dan tunduk pada geser radial gesekan di atas permukaan seperti piring datar konvensional.

Kue yang terakumulasi di piring dapat dibuang sebagai lumpur menebal basah atau sebagai kue kering. Untuk kue basah kapal biasanya akan memiliki outlet kecil yang dilengkapi dengan katup untuk sementara kue kering pembukaan besar dan penutupan terkunci elektrik atau hidrolik dengan irisan bayonet.

4. Seleksi Kriteria
Filter pelat horizontal terbaik yang dipilih dalam contoh berikut:
Ketika lantai ruang minimum untuk daerah filtrasi besar diperlukan. Bila cairan yang mudah menguap dan tidak dapat dikenakan untuk vakum. Ketika ada risiko bahaya lingkungan dari kue beracun, mudah terbakar atau mudah menguap mekanisme debit khusus dijamin dapat dimasukkan.
v  Ketika filtrat kejelasan tinggi diperlukan untuk aplikasi polishing.
Ketika menangani air asin jenuh yang memerlukan suhu tinggi tangki mungkin uap berjaket.
v  Ketika mencuci efisien diperlukan.
Ketika kue adalah berat dan harus didukung sebagai lawan Filter Leaf Vertikal di mana bentuk kue pada permukaan vertikal dan mungkin jatuh-off setelah tekanan turun.
v  Ketika kue mungkin akan habis kering atau sebagai bubur mengental. Mereka harus dipilih dengan hati-hati:

Ketika kue tidak debit mudah mengakses media filter antara piring untuk mencuci sulit. Ketika layar mesh kasar digunakan langkah filtrasi harus didahului dengan PRECOAT untuk mempertahankan kue dengan partikel halus. Pelapisan dengan lapisan tipis diatomite atau perlit bukanlah operasi sederhana dan harus dihindari sebisa mungkin.

Ø Keuntungan
Penghapusan tumpukan piring di bawah filter didorong lebih sederhana dari pada mesin didorong atas sejak di kemudian seluruh drive harus dihapus untuk memungkinkan akses ke stack. Pelat dengan layar yang dipasang di geladak tersebut, sebagai lawan dua piring sisi, memberikan dukungan yang baik untuk kue membentuk dan karena itu selalu digunakan pada aplikasi dengan kue tebal dan berat.


Ø Kekurangan
Headroom yang tinggi diperlukan untuk membongkar tumpukan piring keseluruhan. Bantalan filter didorong atas dan bawah, yang mendukung tumpukan piring berputar dan penyegelan, adalah kompleks karena harus menahan tekanan internal dan pasukan samping dikenakan oleh drive mekanis. Namun, sisi beban pada beberapa mesin dieliminasi dengan menggunakan motor hidrolik.
Pengosongan kapal di antara filtrasi kue, pencucian dan pengeringan membutuhkan dekat pemantauan tekanan di dalam kapal untuk memastikan bahwa kue memegang ke lilin.

5.      Operasional Urutan
Pengoperasian Filter Pelat Horizontal adalah padat karya dan membutuhkan manipulasi kompleks katup sehingga instalasi saat ini berada dalam banyak kasus sepenuhnya otomatis.

6.      Pelapisan
Tahap pelapisan dilakukan hanya pada kasus berikut:
Ketika kontaminan yang agar-agar dan lengket membentuk penghalang yang menghindari kain menyilaukan. Demikian juga antarmuka antara PRECOAT dan kain berangkat mudah sehingga pembuangan kue meninggalkan kain bersih. Ketika filtrat jelas diperlukan segera setelah siklus filtrasi dimulai jika resirkulasi harus digunakan sampai filtrat yang jelas diperoleh.

7.      Penyaringan
Setelah tahap pelapisan selesai bubur proses dipompa ke filter, kue membentuk dipertahankan pada piring dan filtrat mengalir ke proses lebih lanjut. Ketika padatan baik-baik saja dan lambat untuk menyaring tubuh-bantuan ditambahkan ke bubur pakan dalam rangka meningkatkan permeabilitas kue. Namun, perlu diingat bahwa penambahan body-bantuan meningkatkan konsentrasi padatan dalam feed sehingga menempati volume tambahan antara pelat dan meningkatkan jumlah kue untuk pembuangan.

Demikian juga, untuk semua aplikasi ketika kue adalah produk, PRECOAT dan filter-bantuan tidak dapat digunakan karena mereka mencampur dan debit bersama dengan kue. Silakan lihat pada bagian Filter Tekanan untuk rincian lebih lanjut tentang pelapisan dan penambahan tubuh-bantuan.

8.      Heel Penghapusan
Setelah siklus filtrasi selesai udara atau gas ditiupkan ke dalam kapal dan tumit bubur yang mengelilingi piring didorong dan dipindahkan ke bawah sampai mencapai bagian terendah dari tumpukan piring. Pada titik ini bubur tumit tersisa dievakuasi kembali ke tangki umpan oleh pipa dip khusus yang terletak di bagian paling bawah kapal sehingga kapal kosong dari lumpur.

9.      Kue Pengeringan
Udara kemudian terus melewati kue sampai kelembaban captive dikurangi menjadi minimum dan kue adalah dalam hal praktis dianggap kering.

10.   Kue Discharge
Pada titik ini tekanan udara dilepaskan, outlet kue dibuka dan tumpukan piring diputar untuk melepaskan kue. Pembukaan gerai kue harus bertautan dengan drive motor sejak spinning adalah bersyarat ke outlet yang terbuka. Pada beberapa filter kain atau layar mesh mungkin backwashed dengan air setelah debit kue untuk mengusir dan menghilangkan semua sisa kue yang menempel ke media.

Pemeliharaan
The Filter pelat Horizontal memerlukan perhatian secara teratur untuk perangkat keamanan dan fitur otomatisasi yang menyertai filter modern. Ruang di atas saringan harus memiliki perangkat mengangkat dan headroom yang cukup untuk mengangkat tumpukan seluruh disk dan bergerak secara horisontal ke lokasi yang berdekatan dengan tangki filter. Hal ini dianjurkan untuk memiliki rig khusus yang akan memegang tumpukan piring untuk pemeliharaan sejak yang lebih besar dapat mencapai panjang 3 meter atau lebih. Ruang juga harus dialokasikan untuk sampul yang mungkin baik jika berengsel atau dihapus.

Komponen utama yang memerlukan perhatian adalah:
Tangki filter harus sesuai dengan kode Pressure Vessel unfired, seperti ASME, dan diperiksa sebagaimana dipersyaratkan oleh peraturan keselamatan. Relief tekanan katup yang terletak di bagian atas tangki. Bantalan, pengikut, o-ring, gasket dan segel di mana poros tengah memasuki kapal. Hal ini berlaku untuk kedua tumpukan didorong atas dan bawah dengan mantan yang rentan terhadap kebocoran udara atau gas dan kemudian untuk kebocoran lumpur. Gasket berdiameter besar caulking dari dished penutup kepala atas. Ujung-ujung harus dipotong sudut untuk memastikan segel yang sempurna. Kepala berengsel menutupi baut penguncian. Spacer 'cincin segel yang menekan tumpukan seluruh piring bersama-sama. Kebersihan kaca mata filtrat yang memantau on-line atau visual memungkinkan pemeriksaan kejelasan filtrat.


The interlock yang menonaktifkan menumpuk berputar dengan outlet debit kue tertutup. The interlock yang menonaktifkan membuka debit kue ketika kapal tersebut masih di bawah tekanan. Pemeliharaan hoist di atas saringan harus menarik keluar seluruh tumpukan vertikal sehingga piring tidak akan menabrak dinding tangki. Positioning yang tepat adalah juga penting untuk didorong tumpukan bawah karena pada banyak jenis tidak ada akses ke bantalan dan stempel kelenjar dari bawah dan penyisipan seluruh dilakukan dari atas.

Kondisi layar menengah, kain atau mesh filter, harus dilakukan secara berkala untuk memastikan bahwa mereka tidak rusak. Ventilasi di atas kepala harus diperiksa untuk evakuasi udara bebas. Filter tidak harus terlalu penuh dengan kue karena ini menyebabkan piring untuk membungkuk.


Sumber:
http://himateka-ftumj.tripod.com/Filtrasi.htm diakses tanggal 12 Februari 2013 pukul 09.00



ZAHRA NUR AFIFAH 12929/ 31/ XIII KI

2 comments:

  1. gambar diberi nama dan nomor. sumber harus ada dari buku yang dibaca sendiri. rapikan. cantumkan tabel, animasi, video, dan link yang sesuai.

    ReplyDelete
  2. masih cukup acak-acakan dari segi bahasa karena sepertinya hanya menggunakan google translator

    ReplyDelete